Berbicara tentang otomotif tentu kita berbicara tentang dunia teknologi masa depan millenium. Tentu saja di abad 21 sekarang ini kemajuan pada bagian mesin sudah sangat maju secara drastis.
Besa dengan 100 tahun lalu, dimana pemakaian produk otomotif masih seputar pada orang kaya atau kalangan ekonomi tinggi. Pada Abad 21 ini pemakaian otomotif mulai menjangkau semua sudut negara, yang sebagian besarnya adalah produk kategori motor dan mobil.

1. Seputar Dunia Motor

Ngomong-Ngomong masalah sepmor tentu tak lekang sama yang namanya komunitas pemuda contohnya Moge , Motor Antik, Vespa hingga geng motor. Namun banyak sudut positifnya walaupun kadang muncul sedikit dampak buruk yang muncul.

Dunia motor begitu digemari oleh kalangan muda sebab diantara lain dikarenakan oleh penampilannya si pengendara sepeda motor tampak lebih laki atau maskulin dan gagah. Terlebih lagi olahraga yang berkenaan dengan sepmor diminati oleh begitu besar anak muda seperti Gp One, Off road dan banyak lagi.

Ramainya ketertarikan di dunia otomotif membuka peluang bagi bisnis industri. Perusahaan elit pun berdiri dan berkompetisi dalam ruang lingkup global dan meningkatkan usahanya. Dari Negara-negara maju yang memimpin sebagai penghasil terbesar berasal dari negri sakura dengan merek-merek terkenal layaknya Suzuki, Yamaha, Kawasaki dan Honda.

2. Seputar Dunia Mobil

Disamping itu, otomotif selain motor yang sangat diminati adalah mobil. Kendaraan yang satu ini tergolong mewah dan berderajat, tak hanya itu, hingga banyak orang yang tidak sungkan menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk beberapa mobil yang disukainya. Maupun itu dalam penggunaan sehari-hari atau hanya sekedar bergaya.

Topik kendaraan yang ini memang berkaitan dengan bengkel atau modifikasi mobil, para penggemar mobil kerap menghamburkan duit dan waktu dalam mengotak-atik mobil kesayangannya agar terus kelihatan hebat dan beda. Tak hanya itu, tema para peminat otomotif mobil ini begitu sering diangkat di beberapa tanyangan bioskop, katakan aja misalnya movie 2 fast and 2 furious, the transporter 3, tranformers 2 dan sangat ramai movie yang lainnya.

Berbicara tentang otomotif mobil pasti tidak lepas juga dengan orang kaya dan permainannya, diantara brand ternama perusahaan yang mengguluti di bisnis mobil antara lain Ford, Mercedes Benz, Toyoto dan Honda. Diantara merek-merek tersebut mungkin saja kita bisa melihat semua koleksi lengkapnya di garasi sultan hasanul bolkiah. Raja brunei ini sudah terkenal dengan koleksi kendaraan mewahnya yang sering sekali dihadiahkan oleh kenalan bisnisnya yang global.

3. Mengenal Spare Part Penting Pada Motor dan Mobil

Jika kamu adalah penggemar motor, tentu saja mesti tau dulu spare part pentingnya. Tidak aneh juga kan jika kalian mengaku-ngaku anak motor tapi ngak tau apa yang penting untuk motornya. Berikut ini beberapa catatan penting untuk kamu ingat.

a. Ban

Nah jelas sekali ini perihal penting. Perawatan pada sepmor biasanya antara 1-2 tahun. Tergantung dari pemakaian, jika anda sering bepergian maka lihatlah kulit roda luarnya, seandainya sudah menipis maka langsung beli yang lain.

Ban terbagi dari dua, yaitu yang menggunakan karet dalam dan tubeless (tanpa ban dalam), seandainya motor kamu sering kempes dan banyak tempelan maka segera ganti karet dalam baru.

b. Aki sepeda motor

Aki adalah komponen wajib lainnya di motor, atau disebut juga dengan batere nya kendaraan. Kerja aki antara lain menyalakan starter kendaraan dan tenaga lainnya seperti aksesoris dan lampu untuk motor anda.

c. Oli

Oli merupakan pelicin mesin untuk motor kamu, oli ini wajib diperhatian pergantiannya yang rutin yaitu minimal 1x ganti untuk sebulan. Jika kamu yang menggunakan sepmor keseringan maka sebaiknya juga agar menggantinya dua kali dalam 30 hari untuk merawat mesin tetap utuh.

d. Kampas rem dan talinya

Rem dan talinya adalah peralatan penting, terlebih lagi ini berhubungan dengan keamanan pengendara sendiri, kabel rem yang tidak dirawat secara baik akan bisa berakhir fatal seperti kecelakaan. Hal tersebut akan membahayakan tidak hanya pengemudi tapi juga pejalan kaki di jalan.

e. Lampu

Lampu merupakan komponen lainnya di motor yang paling berpengaruh bagi kamu. Pastikan motor kamu benar-benar tidak bermasalah dengan lampu contohnya lampu aba-aba untuk berbelok, atau lampu belakang untuk tanda berhenti dan lampu depan ketika mengemudi di saat gelap.

f. Rantai

Pada sepmor terdapat komponen pemutar yang namanya gear, kamu harus sering cek up rantai dan diminyak, perhatikan juga jika gear rantai motor kamu mulai terkikis dan langsung mengganti dengan yang lain.

g. Busi

Busi bertugas sebagai pemantik ledakan dalam piston mesin dan membuat mesin tidak gagal mesin, seandainya busi kamu hangus atau tidak bisa dipakai lagi maka motor pun akan gagal mesin. Memang masalah yang terjadi pada busi langka, namun sangat disarankan jika kamu menyimpan busi pengganti.

h. Kaburator

Kaburator seringnya akan di cek dan dibersihkan ketika service ringan untuk menjamin proses suplai bahan bakar. Maka ingat selalu untuk tetap rutin melakukan service otomotif, sekurangnya setiap 3 bulan, menurut pemakaian.

4. Asal-Asul Otomotif

Sejarah kendaraan mesin bermula dari ditemukannya mesin tenaga uap di tahun 1769, dan mobil pertama dikembangkan di tahun 1806. Di tahun 1885 kendaraan dengan minyak dibuat dan barulah pada abad 20 dikembangkan mobil tenaga listrik.

Leave a Reply